Rabu, 30 Mei 2012

Interaksi antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem


Ekosistem. Apakah pengertian Ekosistem itu? Ekosistem adalah suatu tempat yang di dalamnya terjadi hubungan saling ketergantungan atau timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi produsen (organisme autotrof), konsumen (organisme heterotrof), dan pengurai yang saling berinteraksi. Interaksi makhluk hidup terutama dalam hubungan makan dimakan yang dikenal dengan rantai makanan. Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan dengan urutan dan arah tertentu. 


Rantai makanan dimulai dari produsen yang dimakan oleh konsumen I. selanjutnya, konsumen I dimakan oleh konsumen II dan seterusnya. Konsumen terakhir dalam rantai makanan disebut konsumen puncak. Akhirnya, konsumen puncak dirombak oleh pengurai. Dalam proses makan dan dimakan berlangsung juga aliran energi sesuai dengan urutan dalam rantai makanan.  Beberapa rantai makanan akan saling berhubungan membentuk jaring-jaring makanan.
Interaksi antarmakhluk hidup tidak hanya berupa hubungan makan dan dimakan atau juga disebut sebagai predasi. Namun, interaksi tersebut juga dapat terjadi melalui hubungan simbiosis dan kompetisi.  Simbiosis adalah hidup bersama antara dua makhluk hidup yang berbeda. Simbiosis dibagi menjadi simbiosis komensalisme, parasitisme, dan mutualisme. Apasajakah penjelasan itu? mari kita simak!
  1. Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi pihak yang lain tidak dirugikan. Contoh hubungan antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora diuntungkan karena mendapat sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya.
  2. Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh hubungan antara kupu-kupu dengan tanaman berbunga. Kupu-kupu menghisap nektar dari bunga sebagai makanannya dan bunga membutuhkan kupu-kupu untuk membantu penyerbukan.
  3. Simbiosis paratisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup, yang satu mendapat keuntungan tetapi makhluk hidup yang lain dirugikan. Contoh hubungan antara benalu dengan pohon mangga. Benalu diuntungan karena mendapat makanan makanan dari pohon  mangga, sedangkan pohon mangga dirugikan karena menjadi kekurangan makanan.

Kompetisi adalah persaingan antara dua makhluk hidup atau lebih yang membutuhkan bahan yang sangat sama dari lingkungannya. Contoh persaingan mendapatkan rumput antara kelompok berbau dengan sapi.
Sumber : Buku detik-detik UN IPA

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More